Rabu, 20 November 2013

Aplikasi Kimux

Aplikasi yang dapat digunakan untuk media pembelajaran sifat fisis senyawa antara lain: 
GPeriodic
    Kegunaan aplikasi ini yaitu memunculkan sistem periodik unsur lengkap. Aplikasi ini hampir sama dengan Kalzium, hanya saja Gperiodic lebih sederhana dengan memunculkan informasi yang tersedia hanya dalam satu “klik”.
     
     Kalzium

    Kegunaan aplikasi ini yaitu memunculkan sistem periodik unsur lengkap. Kalzium mempunyai beberapa menu utama, yaitu file, view, tools, settings, dan help. Masing – masing menu mempunyai fungsi masing – masing yang akan menunjang kerja kita serta tampilan seperti apa yang kita butuhkan.

   Tampilan awal Kalzium :

Macam fitur pada Kalzium :
1. Scheme
    Tombol scheme digunakan untuk melihat sistem periodik unsur dengan simbol yang berbeda, misalnya monocrome (SPU satu warna saja), block (tampilan default Kalzium), ionic (ditambah dengan produk – produk yang diciptakan dengan unsur yang bersangkutan), family (SPU disajikan berdasarkan sifat atom dalam SPU), Group (setiap atom dalam satu golongan memiliki warna yang sama dan setiap golongan memiliki warna yang berbeda), color.


2.Gradien
Gradien berfungsi menampilkan SPU namun lebih pada spesifik sifat tiap atom misalnya boiling point, melting point, van der walls, dan lain – lain.

3. Isotope table
Isotope table digunakan untuk melihat isotope yang dimiliki unsur.

4. Molecular editor
Molecular orbital membantu kita untuk menggambar bentuk molekul. Pada molecular editor terdapat 3 menu utama, yaitu display, edit dan measure.

5. Perfom calculations
Perform calculations menyediakan suatu aplikasi hitungan, misalnya menghitung konsentrasi larutan.

c. Elements info
Elements Info hampir sama dengan aplikasi Gperiodic dan Kalzium, hanya saja lebih sederhana.
Cara menggunakan  elements info : klik di bagian element yang dinginkan maka akan keluar informasi dari 
unsur tersebut di bagian kanan layar. 


Aplikasi  yang dapat digunakan untuk media pembelajaran bentuk molekul :
Avogadro
Avogadro adalah aplikasi untuk membuat animasi senyawa dan  melakukan editing dari senyawa yang          telah dirancang.
Contoh cara membuat struktur molekul air :
Klik Tool Setting, kemudian pada kolom Element ambil atom Oksigen, pada  Bond Order pilih single,
kemudian klik pada layar gambar, tahan dan geser hingga terbentuk ikatan antar atom.
BKchem
BKChem adalah software Ubuntu untuk pelajaran kimia yang mendukung: gambar ikatan molekul, panjang ikatan dan pembatasan sudut untuk membantu dengan gambar, siap untuk menggunakan template umum, mendukung warna, grafik vektor sederhana (persegi panjang, lingkaran, poligon, dan lain – lain). Mengedit juga mudah dengan kemampuan unlimited undo dan redo, menyelaraskan, scaling, rotasi (2D, 3D), menyelaraskan molekul, rotasi fragmen molekul , definisi dari gambar (panjang ikatan, lebar, warna).
Tampilan Bk chem :

Jmol
Jmol merupakan penampil strukutur molekul tiga dimensi (molecule viewer) yang dapat digukan secara bebas oleh siapapun yang menekuni bidang kimia dan biokimia.
Penggunaan utama aplikisi ini  untuk melihat suatu senyawa secara tiga dimensi tetapi selain itu kita juga bisa menggambar struktur dengan menggunakan jmol ini. Untuk melihat suatu senyawa, data base nya bisa di download di PupChem. Senyawa yang kita butuhkan bisa di peroleh dengan mudah dan gratis. Di PupChem tersebut hanya tinggal ketik nama senyawa dan di download file dengan tipe .sdf yang 3D-nya.
Jmol yang digunakan dalam sistem operasi linux (PCLinuxOS). Kalau untuk menggambar senyawa sesuai dengan keinginan yang pertama kali adalah membuka jmol dengan tampilan polos. Lalu pada menu tool bar nya klik pada gambar ikon “Open the model kit“  kita ketik senyawa yang akan kita buat.

Tampilan J Mol :

Contoh cara membuat struktur molekul benzena :

Pertama klik ikon pada toolbar, buatlah struktur molekul benzena yang terdiri dari 6 atom C dengan mengklik open the model kit pilih atom c, setelah atom c tampil di layar hitam, tarik di tengah atom c dan geser ke arah yang lain, lakukan terus sampai jumlah c ada 6 kemudian klik kanan pada molekul dan kemudian pilih fix hidrogen and minimize. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai.


GChempaint chemichal structure edit

GChemPaint adalah editor untuk struktur kimia 2D dengan kelipatan Dokumen antar muka. Molekul ditarik dapat dicari di NIST Webbook dan PubChem. GchemPaint dapat digunakan untuk menggambar struktur kimia dengan 2D yang dapat memudahkan pengguna untuk menganalisa struktur yang ada.
Penggunaan GChemPaint sangatlah mudah. Pengguna tinggal mengklik ikon aplikasi pada pojok kiri atas kemudian mengklik menu science dan mencari menu GChemPaint. Atau jika pengguna ingin mendapatkan informasi berkaitan dengan GChemPaint dapat melalui menu Synaptic atau terminal pada applications. 
Cara penggunaan GChemPaint adalah:
Pilih menu GChemPaint pada menu Science, kemudian memilih gambar yang diinginkan dan menggambarnya pada kanvas yang ada dengan cara meng-drag and drop gambar dan mengatur tampilan gambar agar sesuai dengan yang diinginkan.
Tampilan GChemPaint :


Dan masih banyak lagi aplikasi yang bisa digunakan dalam pembelajaran materi sifat fisis senyawa dan bentuk molekul seperti Crystalline Structures Viewer, ghemical, GDIS Molecule Modell, GDPC Molecular Dynamic Simulator, Gmol, DRAWXtl, FOX, X Crys Den, RasMol, PyMOL, Molecules Viewer, dll. Semoga bermanfaat ^^

0 komentar:

Posting Komentar