Rabu, 20 November 2013

Silabus Kimia SMA : Sifat Fisis Senyawa dan Bentuk Molekul

SILABUS KIMIA
“Sifat Fisis Senyawa dan Bentuk Molekul”
Satuan Pendidikan       : SMA
Kelas                           : X
Kompetensi Inti           :
KI 1  : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi   atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 KI 3 : Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1       Menyadari  adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif  manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
·     Sifat fisik senyawa.





































































·     Bentuk molekul





















Mengamati
·      Membaca  tabel titik leleh beberapa  
   senyawa ion dan     senyawa kovalen
·      Membaca titik didih senyawa hidrogen
   halida.
Menanya
·      Dari tabel tersebut muncul pertanyaan, mengapa ada senyawa yang titik lelehnya rendah dan ada yang titik lelehnya tinggi?
·      Mengapa titik didih air tinggi pada hal air mempunyai massa molekul relatif  kecil?
·      Mengapa atom logam cenderung melepaskan elektron? Mengapa atom nonlogam cenderung menerima elektron dari atom lain? Apakah ada hubungan antara ikatan kimia dengan sifat fisis senyawa?
Pengumpulan data
·      Menganalisis sifat logam dengan proses pembentukan ikatan logam.
·      Menganalisis hubungan antara keelektronegatifan unsur dengan kecenderungan interaksi antar molekulnya
·      Menganalisis pengaruh interaksi antarmolekul terhadap sifat fisis materi.
·      Menganalisis dan menyimpulkan hasil pengamatan  dikaitkan dengan data keelektronegatifan.
Mengasosiasi
·      Menyimpulkan bahwa jenis ikatan kimia berpengaruh kepada sifat fisik materi.
Mengkomunikasikan
·      Menyimpulkan hasil pengamatan dan mempresentasikan dengan menggunakan bahasa yang benar.

Mengamati
·      Mengamati gambar bentuk molekul beberapa senyawa.
Menanya
·      Bagaimana menentukan bentuk molekul suatu senyawa?
Pengumpulan data
·      Mengkaji literatur untuk meramalkan  bentuk molekul dan mengkaitkan hubungan bentuk molekul dengan kepolaran senyawa.
Mengasosiasi
·      Menyimpulkan bentuk molekul berdasarkan teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom.
·      Menyimpulkan hubungan bentuk molekul dengan kepolaran senyawa.
Mengkomunikasikan
·      Menyajikan gambar bentuk molekul berdasarkan  teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom.
·      Menyajikan  hubungan kepolaran senyawa dengan bentuk molekul.
Tugas :
·   Mengamati sifat fisis dari beberapa senyawa yang tersedia di laboraturium.
Observasi
·   Sikap ilmiah dalam mencatat data hasil pengamatan.

Portofolio
·   Laporan pengamatan

Tes
tertulis uraian
·   Menganalisis hubungan antara jenis ikatan dengan sifat fisis senyawa








































·  Menganalisis bentuk molekul































3 mgg x 3jp





















































·     Buku teks kimia
·     Literatur lainnya
·     Encarta Encyclopedia
·     Lembar kerja 
·     Aplikasi Kimia  

















































2.1       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,  demokratis, komunikatif ) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2       Menunjukkan perilaku kerjasama, santun,  toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3       Menunjukkan perilaku responsif,  dan proaktif serta bijaksana sebagai   wujud kemampuan memecahkan  masalah dan membuat keputusan.

3.1   Mengolah dan menganalisis perbandingan proses pembentukan  ikatan ion,  ikatan kovalen,  ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta interaksi antar partikel (atom, ion, molekul) materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi.
3.2   Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan kepolaran senyawa.   
3.3   Meramalkan bentuk molekul berdasarkan teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom (Teori Domain Elektron).




0 komentar:

Posting Komentar