SILABUS KIMIA
“Sifat Fisis Senyawa dan Bentuk
Molekul”
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas : X
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran
Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel
materi sebagai hasil pemikiran
kreatif manusia yang kebenarannya
bersifat tentatif.
|
· Sifat fisik senyawa.
· Bentuk molekul
|
Mengamati
·
Membaca tabel titik leleh beberapa
senyawa ion dan senyawa kovalen
·
Membaca
titik didih senyawa hidrogen
halida.
Menanya
·
Dari tabel
tersebut muncul pertanyaan, mengapa ada senyawa yang titik lelehnya rendah dan ada yang titik
lelehnya tinggi?
·
Mengapa titik didih air tinggi pada hal air mempunyai massa molekul relatif kecil?
·
Mengapa atom logam cenderung
melepaskan elektron? Mengapa atom nonlogam cenderung menerima elektron dari
atom lain? Apakah ada hubungan antara ikatan kimia dengan sifat fisis
senyawa?
Pengumpulan data
·
Menganalisis sifat logam dengan proses pembentukan ikatan logam.
·
Menganalisis
hubungan antara keelektronegatifan unsur dengan kecenderungan interaksi antar
molekulnya
· Menganalisis pengaruh interaksi antarmolekul terhadap sifat fisis
materi.
·
Menganalisis
dan menyimpulkan hasil pengamatan dikaitkan dengan data keelektronegatifan.
Mengasosiasi
· Menyimpulkan bahwa jenis
ikatan kimia
berpengaruh kepada sifat fisik materi.
Mengkomunikasikan
·
Menyimpulkan hasil pengamatan dan mempresentasikan dengan menggunakan
bahasa yang benar.
Mengamati
· Mengamati
gambar bentuk molekul beberapa senyawa.
Menanya
·
Bagaimana menentukan bentuk molekul suatu senyawa?
Pengumpulan data
· Mengkaji literatur
untuk meramalkan bentuk molekul dan mengkaitkan hubungan bentuk
molekul dengan kepolaran senyawa.
Mengasosiasi
·
Menyimpulkan bentuk molekul berdasarkan teori jumlah
pasangan elektron di sekitar inti atom.
·
Menyimpulkan hubungan bentuk molekul dengan kepolaran senyawa.
Mengkomunikasikan
·
Menyajikan gambar bentuk molekul berdasarkan teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom.
· Menyajikan hubungan kepolaran senyawa dengan bentuk
molekul.
|
Tugas :
· Mengamati sifat
fisis dari beberapa senyawa yang tersedia di laboraturium.
Observasi
·
Sikap ilmiah dalam mencatat data hasil pengamatan.
Portofolio
· Laporan pengamatan
Tes
tertulis uraian
·
Menganalisis hubungan antara jenis ikatan dengan sifat fisis senyawa
·
Menganalisis bentuk molekul
|
3 mgg x 3jp
|
· Buku teks kimia
· Literatur lainnya
· Encarta Encyclopedia
· Lembar kerja
· Aplikasi Kimia
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu, disiplin,
jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif )
dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan
dalam sikap sehari-hari.
2.2 Menunjukkan
perilaku kerjasama, santun,
toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
2.3 Menunjukkan perilaku responsif, dan
proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat
keputusan.
|
|||||
|
|||||
3.1
Mengolah dan menganalisis perbandingan proses
pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam
serta interaksi antar partikel (atom, ion, molekul) materi dan hubungannya
dengan sifat fisik materi.
3.2
Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan
hasil percobaan kepolaran senyawa.
3.3
Meramalkan bentuk molekul berdasarkan teori jumlah pasangan elektron di
sekitar inti atom (Teori Domain Elektron).
|
0 komentar:
Posting Komentar